Print

Pendidikan dan Pelatihan Petugas Proteksi Radiasi (PPR) Bidang Radiodiagnostik

Published on Posted in Berita

Setiap pemanfaatan zat Radioaktif dan atau sumber radiasi lainnya selain memiliki manfaat juga menimbulkan potensi bahaya radiasi, oleh karena itu dalam pemanfaatannya harus dilakukan oleh petugas yang cakap dan terlatih serta memenuhi persyaratan untuk bekerja dengan radiasi yang selanjutnya disebut Petugas Proteksi Radiasi (PPR). Berdasarkan UU RI No. 10 tahun 1997 tentang ketenaganukliran dan PP no 23 tahun 2007, bahwa setiap instansi radiasi pengion harus/wajib memiliki Petugas Proteksi Radiasi.
 
Untuk bertugas sebagai PPR disamping memiliki pengetahuan dan kualifikasi pendidikan yang memadai, seorang PPR harus mengikuti dan lulus Pelatihan (Sertifikasi Lulus Diklat) pada lembaga yang memiliki kompetensi dan telah terakreditasi. Selanjutnya guna membuktikan bahwa calon PPR memiliki kompetensi sebagai PPR, maka calon PPR tersebut harus lulus ujian SIB PPR yang dilakukan oleh Bapeten.
 
Untuk memfasilitasi hal tersebut Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan Diklat PPR di Kampus Terpadu Jl Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Semarang. Diklat diadakan sebanyak 3 periode yaitu :
1. Periode I   : 27 Mei - 1 Juni 2013
2. Periode II  : 3 - 8 Juni 2013
3. Periode III : 26 - 31 Agustus 2013

Informasi selengkapnya silahkan download Leaflet Diklat PPR 2013
CP : (024) 7471258