• slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide WBK-WBBM
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

Permohonan Tinggal di Asrama

Bagi calon mahasiswa baru Poltekkes Semarang tahun akademik 2018/2019 yang akan tinggal di asrama, berikut kami umumkan daftar biaya makan dan tinggal di asrama beserta form pengajuan tinggal di asrama
  1. SURAT PERMOHONAN PENGAJUAN MENJADI PENGHUNI ASRAMA 2018
  2. BIAYA MAKAN ASRAMA 2018

NOMINASI PESERTA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR PMDP PROGRAM PASCASARJANA 2018

Direktur Politeknik Kesehatan Semarang dengan ini mengumumkan Nominasi Peserta Sipenmaru Jalur PMDP Program Pascasarjana yang LULUS DAN DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Akademik 2018/2019 sebagaimana tercantum dalam lampiran 1 pengumuman ini. Dimohon untuk mendownload item  nomor 1 sampai dengan nomor 6.

1. PENGUMUMAN DITERIMA JALUR PMDP
2. Lampiran 1 (Daftar Diterima)
3. Lampiran 2 (Tata Cara Registrasi)
4. Lampiran 3 (Biaya Pendidikan)
5. Lampiran 4 (Dana Kegiatan BEM)
6. Lampiran 5 (Dana Kelengkapan Pribadi Mahasiswa)
7. Lampiran 6 (Surat Pernyataan)

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Umum Tahun 2018

Memasuki Tahun Akademik 2018/2019 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) untuk Program Diploma III dan Program Sarjana Terapan (Diploma IV) melalui Jalur Umum (Uji Tulis) bagi lulusan SMA, MA dan SMK untuk menempuh Pendidikan Tenaga Kesehatan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. Proses Pendaftaran dilakukan secara online di website : http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
 
Mekanisme dan Persyaratan Pendaftaran silahkan klik link di bawah ini :
Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Umum

SELEKSI TERBUKA JABATAN DIREKTUR POLTEKKES

Bersama ini kami sampaikan pengumuman dari Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan NOMOR KP.03.02/4/01547/2018 Tentang Seleksi Terbuka Jabatan Direktur Poltekkes Kemenkes di Lingkungan Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2018.  Informasi selengkapnya silahkan klik link di bawah ini

SELEKSI TERBUKA JABATAN DIREKTUR POLTEKKES


Pengumuman Tahap II (Hasil Uji Kesehatan) Jalur PMDP Tahun Akademik 2018/2019

Direktur   Politeknik   Kesehatan   Semarang   dengan    ini    mengumumkan   NOMINASI PESERTA SELEKSI TAHAP II (Pemeriksaan Kesehatan) Sipenmaru Jalur PMDP yang LULUS DAN DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Akademik 2018/2019 sebagaimana tercantum dalam lampiran 1.1 s/d lampiran 1.25 pengumuman ini. Kepada calon mahasiswa yang Lulus Nominasi tersebut diwajibkan melakukan registrasi/ daftar ulang mulai tanggal sesuai ketentuan dan tata cara yang tercantum pada lampiran 2. Dimohon untuk mendownload item  nomor 1 sampai edngan nomor 9.

1. Pengumuman 
2. Lampiran 1 :  Pengumuman Diterima (Daftar Nama Diterima)
3. Lampiran 2 : Tata Cara Registrasi
4.
 Lampiran 2 : Jadwal Registrasi

5. Lampiran 3 : Biaya Pendidikan
6. Lampiran 4 : Dana Kegiatan BEM
7. Lampiran 5 : Dana Kelengkapan Pribadi mahasiswa
8. Surat Pernyataan Tidak Menarik Dana Pendidikan
9. Biodata Asrama

 

BERITA

Print

Pelatihan Applied Approach (AA)

Published on Posted in Berita

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen, 2005; dinyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan guru dan dosen meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karir. Selanjutnya pembinaan dan pengembangan profesi dosen tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Hal ini diperjelas melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan, yang merumuskan kompetensi yang harus dimiliki oleh para pendidik. Rumusan PP tersebut menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan pedagogis tenaga pendidik adalah program PEKERTI atau Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (AA).

                                                      


Dengan latar belakang tersebut, Poltekkes
Kemenkes Semarang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) diselenggarakan pada tanggal 10-15 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 24 peserta, terdiri atas 17 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 7 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang. Sedangkan Pelatihan Applied Approach diselenggarakan pada tanggal 24-28 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 31 peserta, terdiri atas 23 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 8 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang.
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, didampingi Kepala LP2MP UNDIP Prof.Dr.Ir.Mukh.Arifin, M.Sc, dalam kegiatan pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan harapannya agar setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para tenaga pendidik mampu :

  1. Mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik
  2. Merancang pelaksanaan pembelajaran,
  3. Melakukan evaluasi hasil belajar
  4. Melakukan upaya pengembangan pesert didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

  

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn