• slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide WBK-WBBM
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

Sipenmaru Jalur Mandiri

Memasuki tahun akademik 2018/2019, Poltekkes Kemenkes Semarang membuka Seleksi Penerimaan Jalur Mandiri bagi Prodi-Prodi sebagaimana tercantum dalam panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri. Infromasi lebih lanjut silahkan buka panduan di bawah ini :

PANDUAN SIPENMARU JALUR MANDIRI TAHUN 2018


PENGUMUMAN NOMINASI TAHAP 1 SIPENMARU JALUR UMUM 2018

Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Semarang dengan ini mengumumkan NOMINASI Hasil Seleksi Tahap I (Ujian Tulis) yang dinyatakan Lulus Nominasi Utama sebagaimana tersebut dalam lampiran pengumuman ini. Kepada calon mahasiswa yang Lulus Nominasi Utama, diwajibkan melaksanakan verifikasi berkas pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan serta psikotest dengan tata cara, persyaratan dan jadwal sebagai berikut:

1. PENGUMUMAN NOMINASI TAHAP 1 SIPENMARU JALUR UMUM 2018
2. LAMPIRAN NOMINASI TAHAP 1 SIPENMARU JALUR UMUM 2018
Kepada calon mahasiswa yang
L
ulus
N
ominasi
Utama,
diwajibkan
melaksanakan
verifikasi berkas pendaftaran dan pemeriksaan ke
se
hatan serta psikotest dengan t
ata
cara, persyaratan dan jadwal
sebagai berikut:

Hasil Nominasi Sipenmaru Alih Jenjang Tahun 2018

Direktur Politeknik Kesehatan Semarang dengan ini mengumumkan NOMINASI PESERTA Sipenmaru Program Alih Jenjang Sarjana Terapan Kesehatan yangLULUS DAN DITERIMA sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Akademik 2018/2019 sebagaimana tercantum dalam lampiran pengumuman ini. Kepada calon mahasiswa tersebut diwajibkan melakukan registrasi administrasi dan registrasi akademik sebagaimana pada ketentuan di bawah ini :

Informasi lebih lanjut silahkan klik link di bawah ini :
  1. Pengumuman
  2. Lampiran Pengumuman Alih Jenjang Kelas Reguler
  3. Hasil Nominasi Kelas Non Reguler Kebidanan
  4. Tata Cara Registrasi
  5. Biaya Pendidikan
  6. Dana BEM
  7. Surat Pernyataan Tidak Menarik Biaya dan Surat Pernyataan Ketertiban Mahasiswa

Hasil Akreditasi

Selamat dan Sukses atas hasil Akreditasi dari BAN-PT dan Re-Akreditasi LAM PTKes:
  1. Prodi D III Keperawatan Gigi Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  2. Prodi D III Keperawatan Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  3. Prodi D III Keperawatan Purwokerto Predikat "A" (Sangat Baik)
  4. Prodi D III Keperawatan Pekalongan Predikat "A" (Sangat Baik)
  5. Prodi D III Kebidanan Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  6. Prodi D IV  Kebidanan Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  7. Prodi D III Kebidanan Magelang Predikat "A" (Sangat Baik)
  8. Prodi D IV  Kebidanan Magelang Predikat "A" (Sangat Baik)
  9. Prodi D III Gizi Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  10. Prodi D IV Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  11. Prodi D IV Gizi Semarang Predikat "B” (Baik)
  12. Prodi Magister Keperawatan Program Pasca Sarjana Predikat "B” (Baik)
  13. Prodi Magister Kebidanan Program Pasca Sarjana Predikat "B” (Baik)
  14. Prodi Magister Teknik Imejing Diagnostik Program Pasca Sarjana Predikat "B” (Baik)

BERITA

Print

Pelatihan Applied Approach (AA)

Published on Posted in Berita

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen, 2005; dinyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan guru dan dosen meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karir. Selanjutnya pembinaan dan pengembangan profesi dosen tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Hal ini diperjelas melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan, yang merumuskan kompetensi yang harus dimiliki oleh para pendidik. Rumusan PP tersebut menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan pedagogis tenaga pendidik adalah program PEKERTI atau Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (AA).

                                                      


Dengan latar belakang tersebut, Poltekkes
Kemenkes Semarang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) diselenggarakan pada tanggal 10-15 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 24 peserta, terdiri atas 17 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 7 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang. Sedangkan Pelatihan Applied Approach diselenggarakan pada tanggal 24-28 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 31 peserta, terdiri atas 23 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 8 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang.
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, didampingi Kepala LP2MP UNDIP Prof.Dr.Ir.Mukh.Arifin, M.Sc, dalam kegiatan pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan harapannya agar setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para tenaga pendidik mampu :

  1. Mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik
  2. Merancang pelaksanaan pembelajaran,
  3. Melakukan evaluasi hasil belajar
  4. Melakukan upaya pengembangan pesert didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

  

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn