• slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide WBK-WBBM
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

Peneriamaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP Tahun 2018

Memasuki Tahun Akademik 2018/2019 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) untuk Program D III dan Program Sarjana Terapan (D IV) melalui jalur seleksi Penelurusan Minat dan Prestasi (PMDP) bagi calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA yang memiliki prestasi akademik terbaik dan minat yang tinggi untuk menempuh Pendidikan Tenaga Kesehatan. Proses Pendaftaran dilakukan secara online di website : http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
 
Mekanisme dan Persyaratan Pendaftaran silahkan klik link di bawah ini :
Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP

Hasil Akreditasi

Selamat dan Sukses atas hasil Akreditasi dari BAN-PT/LAM PTKes:
  1. Prodi D III Keperawatan Gigi Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)
  2. Prodi Magister Keperawatan Program Pasca Sarjana  Predikat  "B” (Baik)
  3. Prodi Magister Kebidanan Program Pasca Sarjana Predikat  "B” (Baik)
  4. Prodi Magister Teknik Imejing Diagnostik  Program Pasca Sarjana Predikat  "B” (Baik)
  5. Prodi D III Keperawatan Semarang Predikat "A" (Sangat Baik)

BERITA

Print

Pelatihan Applied Approach (AA)

Published on Posted in Berita

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam Undang-undang Guru dan Dosen, 2005; dinyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan guru dan dosen meliputi pembinaan dan pengembangan profesi dan karir. Selanjutnya pembinaan dan pengembangan profesi dosen tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Hal ini diperjelas melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan, yang merumuskan kompetensi yang harus dimiliki oleh para pendidik. Rumusan PP tersebut menyatakan bahwa pendidik harus memiliki kompetensi pedagogik, yaitu kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Salah satu program kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan pedagogis tenaga pendidik adalah program PEKERTI atau Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach (AA).

                                                      


Dengan latar belakang tersebut, Poltekkes
Kemenkes Semarang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) diselenggarakan pada tanggal 10-15 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 24 peserta, terdiri atas 17 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 7 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang. Sedangkan Pelatihan Applied Approach diselenggarakan pada tanggal 24-28 Juni 2013 di Aula Poltekkes Kemenkes Semarang diikuti oleh 31 peserta, terdiri atas 23 orang tenaga pendidik dari Poltekkes Kemenkes Semarang dan 8 orang dari institusi pendidikan tenaga kesehatan di luar Poltekkes Semarang.
Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc, didampingi Kepala LP2MP UNDIP Prof.Dr.Ir.Mukh.Arifin, M.Sc, dalam kegiatan pembukaan kegiatan tersebut mengungkapkan harapannya agar setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para tenaga pendidik mampu :

  1. Mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik
  2. Merancang pelaksanaan pembelajaran,
  3. Melakukan evaluasi hasil belajar
  4. Melakukan upaya pengembangan pesert didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

  

 

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn