• slide WBK-WBBM
  • slide-gedung-poltekes-semarang
  • slide analis laboratorium
  • slide labkomp perpustakaan
  • Poltekkes Semarang menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
  • Gedung dan Asrama Politeknik Kesehatan / Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Analis dan Laboratorium
  • Laboratorium Komputer

PENGUMUMAN

Nominasi Seleksi Mahasiswa Baru Prodi Profesi Ners

Direktur Politeknik Kesehatan Semarang dengan ini mengumumkan NOMINASI PESERTA Sipenmaru Program Studi Profesi Ners yang LULUS DAN DITERIMA  sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Semarang tahun Akademik 2016/2017 sebagaimana tervcantum dalam lampiran pengumuman ini.
Kepada calon mahasiswa  tersebut diwajibkan melakukan Registrasi Administrasi dan Registrasi AkademikRegistrasi Administrasi dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 31 Maret2017, Registrasi Akademik dilaksanakan pada tanggal 30 s.d 31 Maret 2017. Mengenai tata cara registrasi silahkan menghubungi Pengelola Jurusan keperawatan Semarang, Bp. Sawab, SKep, Ners, MKep (081225065631).
Demikian agar peserta seleksi maklum.
  1. Pengumuman Diterima Profesi NERS
  2. Lampiran Pengumuman (daftar nama dinyatakan lulus)
  3. Biaya pendidikan
  4. Iuran Organisasi Mahasiswa
  5. Tata cara regsitrasi

Pengumuman Nominasi Tahap I Jalur PMDP Tahun 2017

Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Semarang dengan ini mengumumkan NOMINASI hasil seleksi Tahap I, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDP Program Diploma III dan Diploma IV Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Akademik 2017/2018 sebagaimana tercantum dalam lampiran pengumuman di bawah ini:

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pasca Sarjana Tahun 2017

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang merupakan Perguruan Tinggi yang fokus pada pendidikan tenaga kesehatan jalur vokasi. Poltekkes Kemenkes Semarang merupakan institusi yang pertama kali di Indonesia menyelenggarakan Program Pasca Sarjana Program Magister Terapan Kesehatan meliputi : Program Studi Kebidanan, Keperawatan, Imaging diagnostik, danTerapis Gigi dan Mulut. Pendaftaran mahasiswa baru Program Pasca Sarjana akan dimulai pada bulan Maret 2017. Adapun persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat di download pada panduan pendaftaran di bawah ini :

Panduan Penerimaan Mahasiswa baru Program Pasca sarjana

Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru Jalur PMDP Tahun 2017

Memasuki Tahun Akademik 2017/2018 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang membuka pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) untuk Program D III, Program Sarjana Terapan (D IV), dan Program Pendidikan Profesi melalui jalur seleksi Penelurusan Minat dan Prestasi (PMDP) bagi calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA yang memiliki prestasi akademik terbaik dan minat yang tinggi untuk menempuh Pendidikan Tenaga Kesehatan. Persyaratan dan mekanisme pendaftaran silahkan klik panduan di bawah ini :

Panduan Penerimaan Mahasiwa Baru Jalur PMDP Tahun 2017
Untuk Mendaftar silahkan klik : http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

Pendaftaran Mahasiswa Baru D IV Keperawatan Gigi

Diploma IV Keperawatan Gigi membuka pendaftaran mahasiswa Baru tahun Akademik 2016/2017. Adapun persyaratan dan ketentuan pendaftaran silahkan klik link berikut :

1. Form pendaftaran secara on line di laman :http://bit.ly/daftarD4gigisemarang
2. Download dan isi form persyaratan pendaftaran dari laman : http://bit.ly/formulirD4gigisemarang

BERITA

Print

Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM)

Published on Posted in Berita

Pengenalan Program Studi merupakan kegiatan awal pendidikan sebelum proses belajar mengajar berlangsung di Perguruan Tinggi. Pelaksanaan kegiatan PPSM dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai lingkungan kampus seperti ruang kelas, perpustakaan, ruang laboratorium (klinik, bahasa dan komputer) serta tempat lainnya. Selain itu mahasiswa baru juga diberikan gambaran tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh jurusan, aturan dan norma etika mahasiswa serta hak dan kewajiban mahasiswa selama menempuh pendidikan di Poltekkes Semarang. Pelaksanaan kegiatan PPSM berlangsung selama tiga (3) hari. Bagi mahasiswa baru yang tidak mengikuti kegiatan PPSM/gugur berkewajiban mengikuti tersebut di tahun ajaran berikutnya.
pps 1.jpg - 93.98 KB
Mahasiswa baru yang mengikuti PPSM dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat sebagai syarat untuk bisa aktif mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan di Poltekkes Semarang. Pada tahun 2012 ini, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PPSM sebanyak 1452 orang yang telah terseleksi dari jalur PMDP, Jalur Umum dan jalur Mandiri. PPSM dilaksanakan di 5 (lima) kota, yaitu di Semarang untuk kampus I, II dan III bagi mahasiswa D III Keperawatan Smearang, D III TRR Semarang, D III keperawatan Gigi, D III Analias Kesehatan dan D III Gizi dengan total jumlah mahasiswa 620 calon mahasiswa. Di kampus IV Blora diikuti oleh mahasiswa D III Keperawatan Blora dan D III Kebidanan kelas Blora edngan jumlah mahasiswa 135 calon mahasiswa. Di kampus V Magelang untuk untuk mahasiswa D III keperawatan dan D III kebidanan Magelang. Di kampus VI Pekalongan untuk mahasiswa D III keperawatan pekalongan (92 calon mahasiswa) dan Purwokerto untuk kampus VII (D III kesehatan Lingkungan, D III TRR dan D III Kebidanan – 296 calon mahasiswa ) dan kampus VIII untuk D III Keperawatan (125 orang).
pps 2.jpg - 88.12 KB
Proses pelaksanaan PPSM dimulai sejak tanggal 28 Agustus dengan acara Selamat Datang Mahasiswa Baru dai Ketua Program Studi, Dinamika Kelompok, Penjelasan Jadual, Tata Tertib PPSM dan Orientasi Lingkungan Penjelasan Asrama, Lagu-Lagu wajib Mars dan Hymne Poltekkes dan Mars Hidup Sehat Adapun acara inti PPSM pada hari pertama diisi materi tentang Visi dan Misi, Moto dan Janji Layanan, Falsafah, Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu, Tugas, Fungsi, Strategi, Program Pendidikan dan Pengembangan, Profil Lulusan oleh Direktur Poltekkes. Sedangkan Pembantu Direktur I menyampaikan materi Kebijakan pelaksanaan kegiatan akademik dan penjaminan mutu serta Proses Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar. Materi tentang Kebijakan pelaksanaan kegiatan administrasi umum, keuangan dan kepegawaian dan Struktur Organisasi Poltekkes, Sistem Registrasi dan Heregistrasi, Pengelolaan Keuangan BLU, Prosedur Administrasi Keuangan disampaikan oleh Pembantu Direktur II. Adapun materi tentang Kebijakan pelaksanaan kegiatan pembinaan dan layanan mahasiswa dan alumniNorma Etika Mahasiswa, Kewajiban dan Hak Mahasiswa, Penghargaan dan Sanksi disampaikan oleh Pembantu Direktru III. Materi lain disampaikan oleh narasumber dari luar Poltekkes adalah tentang Pembinaan Remaja, Narkoba dan AIDS serta Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme.
pps 3.jpg - 101.58 KB
Pada hari kedua materi yang diberikan tentang Profil Jurusan, Kalender Akademik, Batas Waktu Studi, Gugur Studi, Putus Studi dan pengunduran Diri dan Cuti Akademik serta Proses Pembelajaran di Prodi yang disampaikan oleh Ketua Jurusan/Ketua Perwakilan Jurusan. Pengenalan Profesi Tenaga Kesehatan oleh organisasai profesi. Materi Sistem Informasi Administrasi Akademik Poltekkes Semarang disampaikan oleh Ka. Unit IT/ka Sub Unit IT serta Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Program Studi untuk keberhasilan Belajar, Kegiatan Ekstrakulikuler (Pramuka/SBH, KSR dan lain-lain) Pengisian KRS dan Bimbingan Akademik dan Orientasi Kampus.

Share this post

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn