Unit Pengendali Gratifikasi
Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan
Kepala Pusat
: S.Y. Didik Widiyanto, SKM, M.Kes.
Koordinator Pengembangan Pendidikan : Dr. Rr. Sri Endang Puji Astuti, SKM, MNS.
Koordinator Pelatihan : Dr. Ta’adi, S.Kep,Ns.MHKes.
Berdasarkan Permenkes RI No : 38 Tahun 2018 Tentang Organisasi dan Tata keja Politeknik Kesehatan di lingkungan Badan Pengembangn dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kemenkes.

Pusat Pengembangan Pendidikan Pelatihan merupakan unsur pelaksana yang melaksanakan tugas dan fungsi di bidang pengembangan pendidikan dan pelatihan, berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.

Tugas Pokok Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan :
- Menyusun usulan rencana empat tahunan lingkup Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan.
- Menyusun usulan rencana program/kegiatan dan anggaran tahunan lingkup Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan.
- Menyusun rancangan Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan sebagai pedoman pelaksanaan tugas.
- Menyusun bahan rancangan usulan pengembangan di lngkup Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan.
- Merencanakan,menyusun dan melaksanakan pengayaan program pengembangan aktivitas instruksional yang mampu mendukung tercapainya sasaran kompetensi lulusan.
- Mengembangkan desain pembelajaran di kelas, klinik dan masyarakat yang mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbagai domain dan perilaku profesional.
- Mengkaji dan mengembangkan berbagai alternatif model/metode pembelajaran yang mampu mendukung peningkatan mutu hasil pembelajaran.
- Merencanakan, menyusun dan mengembangkan instrumen pelaksanaan kurikulum.
- Merencanakan, menyusun dan mengembangkan berbagai sumber belajar yang berkualitas, efisien dan terjangkau.
- Melakukan inovasi, mengembangkan dan mengelola penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan agar mampu bersaing secara nasional dan internasional.
- Mengembangkan dan menerapkan sistem penilaian belajara mahasiswa.
- Menetapkan berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan dosen dalam mengembangkan materi dan proses pembelajaran.
- Menetapkan berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan mahasiswa dalam pengembangan minat, bakat dan kemampuan dalam berkaryayang kreatif dan inovatif.
- Menjalankan fungsi konsultasi implementasi pengembangan kurikulum, materi dan proses pembelajaran sebagai manajemen layanan akademik kepada seluruh dosen dan mahasiswa.
- Menyusun LAKIP Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan.
- Merencanakan, menyusun dan mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi pengembangan Pendidikan dan pelatihan.
- Melakukan kajian dan umpan balik hasil monitoring dan evaluasi pengembangan pendidikan dan pelatihan.
- Memberikan masukan kepada pengelola Poltekkes Kemenkes Semarang dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
- Menyusun laporan kegiatan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan berdasarkan arahan, penugasan dan lain-lain yang terkait dengan kedinasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
(KURIKULUM, SUASANA AKADEMIK, INTEGRASI P2M DALAM PEMBELAJARAN)
Kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah :
1. WORKSHOP PENGEMBANGAN PELATIHAN DAN INSTITUSI PELATIHAN TERAKREDITASI BAGI POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Hari/Tanggal : Rabu, 20 Maret 2019 / Jam : 08.00 – 16.00 WIB
Narasumber :
1). Kapusdik SDM Kes BPPSDM Kemenkes RI
2). Kapuslat SDM Kes BPPSDM Kemenkes RI
3). Ka Bapelkes Semarang
Jumlah peserta 105 orang

Pengarahan sekaligus pembukaan oleh Direktur.

Tanya jawab peserta dengan narasumber.

Menghasilkan sumber daya manusia kesehatan yang bermutu tinggi mutlak menjadi kewajiban bagi institusi pendidikan tinggi kesehatan di Indonesia khususnya bagi di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes. Peningkatan mutu tersebut dapat diwujudkan melalui tahapan dalam proses pendidikan, salah satu diantaranya adalah dengan pelatihan-pelatihan. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di Bidang Kesehatan. Dalam Pasal 1 angka 5 dinyatakan bahwa akreditasi pelatihan adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah atau badan akreditasi yang berwenang kepada suatu pelatihan yang telah memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga diberikan izin untuk penyelenggaraannya. Sedangkan dalam Pasal 3 ayat (2) dinyatakan bahwa Pelatihan teknis tertentu yang memerlukan sarana dan prasarana khusus dapat diselenggarakan oleh unit kerja atau unit organisasi pelaksana upaya kesehatan sesuai dengan kompetensinya.

Penyampaian materi oleh Kapuslat SDM Kes BPPSDM
2. WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI BAGI POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Hari/Tanggal : Rabu, 2-3 Mei 2019 / Jam: 08.00 – 16.00 WIB
Narasumber : 1). Belm awa KemenristekDikti RI dan 2). Tim Penyusun Kurikulum KPT Kemenristek Dikti RI.
Jumlah peserta 104 orang.
Komponen dalam pengembangan kurikulum meliputi hal-hal sebagai berikut: (a) perencanaan strategis, (b) persiapan secara menyeluruh, (c) identifikasi tujuan pembaharuan, pengukuran kinerja, sasaran dan langkah-langkah, (d) analisis kurikulum yang ada / masih digunakan, (e) perancangan kurikulum baru, dan (f) implementasi & evaluasi, yang untuk seterusnya merupakan suatu siklus continuous improvement (Harsono;2005).
Hakekat pengembangan kurikulum adalah proses penyusunan rencana dari komponen-komponen kurikulum meliputi tujuan, isi / materi, metode dan evaluasi sesuai dengan landasan dan prinsip dalam pengembangan kurikulum. Landasan pengembangan kurikulum adalah filosofis, psikologis, sosiologis, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), (Sukmadinata:2002). Prinsip umum pengembangan kurikulum adalah prinsip relevansi, prinsip fleksibilitas, prinsip kontinuitas dan prinsip efisiensi. Adapula prinsip khusus dari pengembangan kurikulum adalah prinsip menentukan tujuan pendidikan, pemilihan isi pendidikan, pemilihan proses belajar mengajar, pemilihan media dan alat pengajaran, serta penilaian.
Hari/Tanggal : Rabu, 2-3 Mei 2019 / Jam : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Direktorat lantai 4. Poltekkes Kemenkes Semarang
Nara sumber : Belmawa KemenristekDikti RI dan Tim Penyusun Kurikulum KPT Kemenristek Dikti RI. Jumlah peserta 104 orang.
3. WORKSHOP KURIKULUM PROGRAM STUDI DIPLOMA III PELAYANAN KESEHATAN LANJUT USIA (PKLU) DAN KURIKULUM PELATIHAN CAREGIVER

Narasumber workshop

Peserta dari Poltekes yang diberikan mandat untuk membuka Prodi PKLU

Senam Peregangan

Diskusi kelompok membahas kurikulum

Peserta fokus pada materi yang disampaikan narasumber
4. Tugas Tambahan mengelola tentang COE
WORKSHOP PENGEMBANGAN PENELITIAN TERAPAN
PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TIDAK MENULAR
Semarang, 02 Oktober 2019
Data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, menunjukkan peningkatan signifikan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, diabetes mellitus, penyakit ginjal kronis, hipertensi dan lain-lain. Penyebab utama terjadinya peningkatan jumlah penderita PTM karena masih rendahnya pola perilaku hidup sehat masyarakat, adanya perilaku merokok yang masih tinggi, masih banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi alkohol, kurang nya aktifitas fisik harian, serta kekurangan konsumsi buah dan sayur.
Poltekkes Semarang berkontribusi untuk mengendalikan kejadian PTM dengan menerapkan penelitian, pengabdian masyarakat serta pendidikan dengan berfokus pada pencegahan dan pengendalian PTM. Poltekkes Kemenkes Semarang (Polsemar) memiliki 8 (delapan) jurusan terdistribusi menjadi 34 (tiga puluh empat) program studi terdiri dari : 18 Program Studi Diploma III, 9 Program Studi Sarjana Terapan Kesehatan, 3 Program Profesi dan 4 Program Magister Terapan Kesehatan.

Penyampaian materi oleh narasumber Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, M.Sc, PhD.
Jumlah dosen sebanyak 247 dosen, yang terdiri dari 15 orang berpendidikan S3 dan 232 berpendidikan S2. Jumlah peneliti dalam kurun waktu 2 tahun terakhir mulai tahun 2017 s.d 2018 sejumlah 498 peneliti, yang meliputi 200 peneliti di tahun 2017 dan 298 peneliti di tahun 2018. Jumlah penelitian dengan tema Pencegahan dan Pengendalian PTM sejumlah 23 Judul penelitian dengan 56 peneliti, yang terdiri dari 22 % hipertensi, 17 % cardio, 17 % Diabetes Melitus, 9 % Kanker, 9% Stroke, 9 % Dimensia, 4 % Anemia, 4 % Osteoartritis dan 4 % Peventif.

Pembentukan Pusat Unggulan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular atau Center of Non Communicable Disease Control and Prevention Poltekkes Kemenkes Semarang didasarkan dari hasil pemetaan dari riset-riset yang telah dilakukan selama ini dan berkembang dalam upaya mencegah dan mengendalikan Penyakit Tidak Menular atau Non Communicable Disease. Upaya-upaya tersebut merupakan upaya pelayanan kesehatan yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif terbatas, dan rehabilitatif.

Dosen sebagai garda terdepan dalam penelitian dan pengabmas kepada
masyarakat yang berbasis tentang penyakit tidak menular (PTM).
Untuk itu perlu kajian tentang Pengembangan Penelitian Penyakit Tidak Menular dari berbagai interdisiplin ilmu kesehatan berorientasi pada pencegahan dan pemecahan masalah PTM dalam masyarakat sehingga produk-produk inovasinya dapat berdampak langsung bagi masyarakat dalam bentuk Workshop Pengembangan Penelitian Terapan Penyakit Tidak Menular.
5. Kegiatan (di Bandung 16-18 Oktober 2019 - belum ada laporan kegiatan)
6. Pelatihan Pengendali Pelatihan Bagi Dosen Poltekes Kemenkes Semarang (05-13 Oktober 2020)




7. Persiapan Pengembangan Pelatihan Caregiver di Poltekkes Kemenkes Semarang








8.Pelatihan BT & CLS 2020




9. Workshop Kampus Merdeka - Merdeka Belajar




Download Materi
9. pelatihan ACLS bagi dosen jurusan keperawatan








Klinik Pratama
Bangunan Klinik Pratama terdiri atas:
a. ruang pendaftaran/ruang tunggu;
b. ruang konsultasi dokter;
c. ruang administrasi;
d. ruang tindakan;
e. ruang farmasi;
f. kamar mandi/wc;
g. Ruang Konseling Gizi
SOP Alur Pelayanan Klinik
Alur Pelayanan
Jadwal Pelayanan
Tarif
SK Pengelola
Unit Teknologi dan informasi
Kepala Unit: Rizal Ginanjar, S.ST, M.Tr.Kep
Unit Teknologi dan Informasi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Wakil Direktur I.
- Unit Teknologi dan Informasi adalah unit penunjang teknis di bidang pengolahan data dan informasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Secara teknis fungsional dibina oleh Wakil Direktur I.
- Unit Teknologi dan Informasi mempunyai tugas mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyimpan data dan informasi serta memberikan layanan untuk program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
- Unit Teknologi dan Informasi mempunyai fungsi:
o Pengumpulan dan pengolahan data dan informasi;
o Penyajian dan penyimpanan data dan informasi;
o Pemberian layanan dan pendayagunaan komputer;
o Pelaksanaan urusan tata usaha Unit Teknologi dan Informasi;
o Pengembangan teknologi informasi;
o Melakukan koordinasi dengan Sub Unit Teknologi dan Informasi di masing-masing Jurusan;
o Di setiap Jurusan dapat dibentuk Sub Unit Teknologi dan Informasi sesuai kebutuhan.
Sistem Informasi yang sudah ada di POLTEKKES KEMENKES SEMARANG
Sipenmaru On-line
Sistem ini telah digunakan sejak tahun 2009 untuk proses penerimaan mahasiswa baru jalur umum. Pada tahun 2010, system ini dikembangkan untuk penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri dan pada tahun 2011 dikembangkan lagi untuk penerimaan jalur PMDP. Melalui sipenmaru on-line mahasiswa dapat melakukan pendaftaran dari tempat asal calon mahasiswa dan tidak perlu kontak langusng dengan Poltekkes Semarang. Pengumuman hasil ujian dilakukan secara individual pada data base calon mahasiswa. Informasi dan mekanisme Sipenmaru disediakan di system ini, lebih lanjut silahkan klik link: http://sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
SI-Madu (Sistem Informasi Manajemen Akademik Terpadu)
Si-Madu merupakan aplikasi untuk mendukung administrasi penyelenggaraan pendidikan, dengan Si-Madu, Poltekkes Kemenkes Semarang dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik dan efektif, baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus melalui internet. Melalui sistem ini mahasiswa mendapatkan layanan yang lebih cepat dan lebih mudah. Sistem Informasidapat diakses di http://simadu.poltekkes-smg.ac.id
Layanan yang didapatkan dari Si-Madu adalah:
- Informasi tagihan pembayaran Her registrasi secara host to host dengan bank
- Informasi Jadwal Kuliah
- Pencetakan Kartu Rencana Studi
- Pencetakan Kartu Ujian
- Pencetakan Kartu Hasil Studi
- Pencetakan Transkrip Kuliah
- Pencetakan SKPI (Surat Keterangan pendamping Ijazah)
- Sharing dokumen administrasi pendidikan (bagi dosen)
WEBSERVICE
Aplikasi ini digunakan untuk mempush data dari Aplikasi SI-Madu agar bisa terkoneksi dengan data feeder Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dalam teknis pelaporan Data base mahasiswa dan Dosen ke Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi.
ONLINE LIBRARY
Sistem Informasi pendukung oprasional perpustakaan yang berfungsi sebagai sarana manajemen katalog buku dan berbagai koleksi Karya Tulis Ilmiah (KTI) berikut status ketersediannya pada perpustakaan yang berada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Semarang. Dengan aplikasi ini civitas academica Poltekkes Kemenkes Semarang dapat mencari koleksi bahan pustaka tanpa harus datang ke perpustakaan. Mahasiswa/pengguna dapat mengakses di website: http://library.poltekkes-smg.ac.id
HELTI (Higher Education Based on e-learning and Teaching Intensive)
Aplikasi ini disediakan sebagai sarana pendukung elektronik learning (e-learning) bagi mahasiswa sehingga memungkinkan interaksi secara virtual. Mahasiswa dapat mengunduh materi perkuliahan dan bahan ajar dari berbagai jenis sumber belajar (text, video, power point dll)
Career center
Portal Karir berfungsi sebagai fasilitas media mempertemukan alumni Poltekkes Semarang dengan instansi/perusahaan/stake holder pencari tenaga kerja, sedangkan Portal Alumni sebagai fasilitas media komunikasi antar alumni dan institusi. Melalui Portal Karir, Alumni Poltekkes Semarang dapat membuat Curriculum Vitae online, melihat informasi lowongan pekerjaan terbaru dan melamar pada lowongan pekerjaan yang telah terdaftar pada sistem ini.
Alumni
Portal alumni digunakan sebagai database alumni Poltekkes Kemenkes Semarang. Alumni yang telah melakukan registrasi di portal ini dapat terpantau terkait job (pekerjaan) yang mereka dapatkan, tempat kerja dan sebaran tempat kerja lulusan.